Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : ……………………………Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
- Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
- Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
- Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
- Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
- Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
- Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
- Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
3. PKN :
- Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
- Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
- Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek,
- 5. Bahasa Indonesia :
- Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
- Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
- Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
- Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
- 6. Seni Budaya dan Keterampilan :
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi
I. Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
- Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
- Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
- Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor
- Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya
- Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan lama dan sebentar.
- Siswa dapat menyebutkan, membandingkan, panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
- Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh.
- Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
- Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
- Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
- Siswa dapat membaca nyaring.
- Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
- Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
- Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.
- Siswa dapat melengkapi kalimat yang belem sempurna yang sesuai dengan gambar.
- Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
- Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
- Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
- Hidup rukun dalam kemajemuka keluarga.
- Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.
- Hidup rukun dalam perbedaan.
- Satuan pengukuran.
- Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
- Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
- Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
- Gambar sederhana.
- Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan
III. Metoda Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi.
- Tanya jawab.
- Demontrasi.
- Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
- Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
- Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
- Mengumpulkan tugas/ PR
- Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- § Eksplorasi
F Siswa dapat Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa menjelaskan lingkungan sekolah termasuk lingkungan sehat atau tidak sehat.
F Mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat.
F Mengemukakan ciri –ciri lingkungan tidak sehat.
F Setelah mendengarkan penjelasan guru dan mengingat kembali pengalaman, siswa menjelaskan kerukunan dapat terjaga dengan sikap saling menghargai perbedaan masing-masing.
- § Elaborasi
F Mendiskusikan manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat dan tidak sehat.
F Melakukan tanya jawab tentang hasil diskusi.
F Menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang menggambarkan kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
F Menyebutkan beberapa contoh peristiwa yang diakibatkan dari tidak menjaga kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
F Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa membedakan kegiatan yang termasuk kategori lama dan sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk lama.
F Menyusun kegiatan yang termasuk lama.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
- § Eksplorasi
F Dengan menyimak siswa dapat melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
F Melalui permainan bisik-bisik, siswa dapat melakukan pesan / permintaan guru.
F Guru menyampaikan pesan dengan kalimat perintah yang dapat dilakukan siswa.
F Menjelaskan kemajemukan keluarga sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
- § Elaborasi
F Melalui pengamatan pada foto keluarga besar dan penjelasan guru, siswa menyebutkan kemajemukan dalam keluarga.
F Kemajemukan keluarga dalam kebiasan, jenis kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta kerukunan hidup.
F Mengisi LKS yang mencari data tentang kemajemukan keuarga.
F Melalui pengamatan siswa menyebutkan kegiatan yang termasuk kategori sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk sebentar.
F Menyusun kegiatan yang termasuk sebentar
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- § Eksplorasi
F Siswa dapat Mendengarkan dongeng dengan sungguh-sungguh.
F Menjelaskan isi dongeng dengan bahasa sendiri dan menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
- § Elaborasi
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjangnya suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- § Eksplorasi
F Siswa secara berkelompok memperagakan tokoh dalam dongeng, sesuai jalan ceritanya di depan kelas.
F Memberikan pendapat tentang penampilan teman-temannya.
- § Elaborasi
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa memperkirakan panjang suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
F Membandingkan beberapa benda milik siswa yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
- § Eksplorasi
F Membaca nyaring suku kata dan kata yang masih berhubungan dengan dongeng yang dibacakan guru.
- § Elaborasi
F Melalui peragaan siswa menirukan kalimat permohonan ijin ke kamar kecil, meminjam alat tulis, tidak masuk sekolah dll.
F Membedakan bahasa yang disampaikan bila permohonan ijin kepada orang tua atau orang yang lebih tua usianya.
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan cara dan bahasa yang santun.
F Membandingkan beberapa benda yang berada di luar kelas yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
F Membuat kesimpulan tentang sifat dari tokoh dongeng yang baik untuk ditiru.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
- § Eksplorasi
F Membaca nyaring kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Membaca kalimat yang ditulis di papan tulis. Dengan suara nyaring.
- § Elaborasi
F Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi duduk yang meniru gerakan tumbuhan.
F Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi jongkok yang meniru gerakan binatang.
F Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam posisi berdiri yang meniru gerakan binatang.
F Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan gerakan – gerakan tari dalam gabungan posisi duduk, jongkok dan berdiri yang meniru gerakan tumbuhan dan binatang secara berkelompok.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- § Eksplorasi
F Menjelaskan sikap membeda-bedakan berarti berlaku tidak adil, tidak sesuai dengan pengamalan pancasila.
- § Elaborasi
F Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa mendiskusikan secara sederhana hal-hal yang dapat merusak kesehatan lingkungan yang dapat berpengaruh pada kesehatan pribadi.
F Menyebutkan bahwa air kotor, asap pabrik,asap kendaraan, debu jalan, tumpukan sampah merupakan kondisi lingkungan yang tidak baik bagi kesehatan.
F Melalui pengamatan, penjelasan dan pengalaman, siswa menjelaskan kedudukan manusia sama dalam keluarga maupun di sekolah dan di masyarakat.
F Menyebutkan hak dan kewajiban kita sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
F Menyebukan sikap yang baik dalam menjungjung keadilan.
F Membandingkan beberapa benda bawaan dari rumah yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
- § Eksplorasi
F Melalui penjelasan guru siswa termotivasi untuk menyampaikan manfat-manfaat yang dirasakan dalam menjaga kerukunan hidup dalam lingkunga keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
- § Elaborasi
F Menjiplak bentuk huruf dan gambar yang ada dalam buku
F Menebalkan bentuk huruf dan gambar.
F Menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dapat menjaga kerukunan di sekolah.
F Setelah melakukan percobaan siswa mengisi lembar kerja untuk mencatat fakta panjang benda yang ada di sekitar siswa.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- § Eksplorasi
F Melalui pengamatan, percobaan, dan penjelasan guru , siswa membedakan keadaan jarak dengan menggunakan bahasa sehari- hari yaitu dekat dan jauh.
- § Elaborasi
F Menuliskan kalimat yang didiktekanb dengan tulisan lepas.
F Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak jauh.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak dekat.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
- § Eksplorasi
F Melalui percobaan dan pencarian fakta siswa menyusun kategori suatu jarak, termasuk jauh atau dekat jarak suatu tempat.
- § Elaborasi
F Menyalin kalimat dari buku ke dalam buku tulis sendiri.
F Menyalin dwengan bentuk furuf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
- § Eksplorasi
F Mengamati gambar yang menceritakan suasana di kelas.
- § Elaborasi
F Membandingkan jantara jarak tempat yang jauh dan dekat.
F Menceritakan isi dari gambar tersebut.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
- § Eksplorasi
F Menceritakan isi dari gambar tersebut.
- § Elaborasi
F Melalui peragaan dan latihan siswa melakukan gerakan-gerakan tari dengan mengikuti pola lantai
F Melakukan gerakan tari dengan pola lantai I, L, dan U.
F Melakukan gerakan tari dengan pola lantai kombinasi antara pola lantai I,L dan U
F Melakukan gerakan tari dengan iringan petik jari dan tepuk tangan.
F Mengamati gambar yang menceritakan suasana di pedesaan
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan gambar.
- § Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Alat Peraga:
- Gambar rumah yang sehat dan tidak sehat..
- Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
- Kartu huruf, kartu kata, kalimat
- aneka benda untuk perbandingan panjang ( lidi, pensil, tali sepatu, pita, dll.).
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Tes urain
LKS
Lmbar observasi
|
|
I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP/NIK : ………………… |
………., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I ( …………………………… ) NIP/NIK : ………………… |
contoh rpp berkarakter tematik, rpp berkarakter, rpp berkarakter bahasa inggris smp, rpp berkarakter matematika smp, rpp berkarakter sd, rpp berkarakter sd kelas 2, rpp berkarakter sd kelas 4, rpp berkarakter sd kelas 5, rpp berkarakter sd kelas 6, rpp berkarakter sma, rpp berkarakter smk, rpp berkarakter smp, rpp berkarakter tematik, rpp berkarakter tematik kelas 1, rpp berkarakter tematik kelas 1 sd, rpp berkarakter tematik kelas 2, rpp berkarakter tematik kelas 2 sd, rpp berkarakter tematik kelas 2 semester 1, rpp berkarakter tematik kelas 3, rpp berkarakter tematik kelas 3 sd, rpp berkarakter tematik sd, rpp berkarakter tematik,rpp berkarakter tematik sd,,rpp berkarakter
tematik kelas 3 sd,rpp berkarakter tematik kelas 2,rpp berkarakter
tematik kelas 3,rpp berkarakter tematik kelas 1,rpp berkarakter tematik
kelas 2 semester 1,contoh rpp berkarakter tematik
Pesan Download Gratis RPP berkarakter tematik SD Kelas 1
Quantity :