Strategi Belajar Mengajar

Strategi Belajar Mengajar Yang Baik - Di dalam proses belajar mengajar guru menggunakan strategi belajar mengajar yang inovatif, strategi adalah upaya untuk mencapai tujuan, jadi strategi belajar mengajar adalah usaha yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Rendahnya pendidikan nasional menurut saya karena tenaga pengajar yang tidak sepenuh hati menjadi guru. Kesadaran untuk memajukan pendidikan amat rendah akibatnya guru menggunakan strategi belajar mengajar yang buruk seperti CBSA (catat buku sampai habis), atau sistem KTGP (kasi tugas guru pulang ).
Guru yang baik adalah melihat anak didik sebagai individu yang harus dihormati dan dihargai, selaku insan manusia ia patut untuk dididik dengan semestinya maka dari itu hargai dia dengan membebaskan anak didik untuk berbicara atau berpendapat setelah itu bebaskan ia dari kursi dan meja yang memborgolnya dengan mengatur tata kelas yang membuatnya bebas dalam mengeluarkan potensinya serta memberikan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh anak didik.
  Guru menyadari bahwa setiap anak didik berbeda-beda dan unik maka strategi belajar mengajar (SBM) harus bertuju kepada anak didik. Sangat sulit untuk menerapkan SBM yang tepat untuk setiap anak pada kelas. Karena itu guru harus mempelajari proses perkembangan dan pertumbuhan fisik dan psikis anak didik secara umum. Maka guru harus berpedoman psikologi perkembangan anak dalam menyusun KBM
Aspek lain bagaimana supaya belajar dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar adalah menjelaskan tujuan, dengan penjelasan ini anak dibebaskan menentukan pilihan dengan cara apa dia mencapai tujuan tersebut selain itu anak dapat mengetahui manfaat pembelajaran dan proses belajar mengajar lebih terfokus.
  Ada beberapa indikasi suatu proses pembelajaran dianggap lancar adalah tidak terjadi pengulangan, adanya prestasi yang tinggi, dan pemakaian waktu sesuai dengan rencana.

Adapun beberapa aspek lain yang harus dipikirkan dalam memilih strategi belajar mengajar yakni:
1. Berpusat pada anak untuk aktif
2. Keadaan anak didik ( mood, kondisi, kesehatan, usia anak didik, bakat, minat, dan lain-lain)
3. Materi (materi ajar, bobot materi)
4. Standar kompetensi dan kompetensi dasar

cara mendidik anak yang baik, contoh ptk kenaikan pangkat, contoh sampel, contoh-kti, kti karya tulis ilmiah, kurikulum pembelajaran, metode belajar, metode pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang bermanfaat, metodolgi belajar, metodologi strategi pembelajaran, penelitian tindakan kelas, pTK, ptk strategi pembelajaran, rpp, rpp pendidikan, strategi belajar yang baik, strategi mendidik siswa, strategi mengajar yang baik
Pesan Strategi Belajar Mengajar
Quantity :