Metode Ceramah Dalam Pembelajaran

Metode Ceramah Dalam Pembelajaran - Metode ceramah merupakan metode mengajar yang sampai saat ini masih mendominasi atau paling banyak digunakan guru dalam dunia pendidikan. Hal ini dimaklumi karena ceramah paling mudah dilakukan dan dan pada umumnya seorang guru beklum puas mengajar apabila belum banyak berceramah
Menurut Sudirman (1991: 113) metode ceramah adalah cara penyajian pelajaran yang dilakukan guru dengan penuturan atau penjelasan lisan secara langsung terhadap siswa.
Kelebihan metode ini adalah metode ini murah dan mudah dilakukan guru dengan hanya bermodal suara yang ada. Materi yang banyak dapat dirangkum atau dijelaskan pokok-pokoknya saja dalam waktu singkat. Sedangkan materi yang sedikit, dapat disampaikan dalam waktu agak panjang dengan memberikan berbagai contoh dan dikaitkan dengan hal-hal yang lain. Guru juga dapat dengan mudah menguasai kelas dan organisasi siswa dapat diatur menjadi lebih sederhana.
Kekurangan metode ini adalah jika terlalu sering menggunakan metode ini dapat membuat kebiasaan yang kurang baik, yaitu siswa selalu ingin diceramahi. Informasi yang diceramahkan mudah usang. Tidak semua siswa mempunyai daya tangkap yang tajam. Sering terjadi dari apa yang dijelaskan guru, hanya sebagian siswa yang dapat memahami apa yang diberikan.
Metode ini juga kurang merangsang perkembangan kreativitas dan keterampilan bagi siswa, karena siswa hanya dibina menerima informasi saja, tidak dibiasakan mencari dan mengolah informasi.
Pesan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran
Quantity :