Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Metode Pemberian Tugas

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Metode Pemberian Tugas -
Metode Pemberian tugas merupakan Metode untuk mengukur kekreatifan anak dalam menangkap mata pelajaran yang di ajarkan oleh seorang guru tapi metode pemberian tugas juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu akan di bahas di bawah ini
Kelebihan Metode pemberian tugas yaitu
  1. Pengajaran klasikal cenderung untuk menyesuaikan cara dan kecepatan mengajar terhadap ciri-ciri umum di kelas itu. Hal tersebut menjadi sulit diikuti oleh kelompok yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata. Dengan metode tugas setiap peserta didik dapat bekerja menurut tugas dan tempo belajarnya masing-masing.
  2.  Metode pemberian tugas digunakan untuk melatih aktivitas, kretivitas, tanggung jawab dan disiplin peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini penting karena dalam kegiatan pengajaran tidak selamanya peserta didik mendapat pengawasan dari guru.
  3. Peserta didik mendapat kesempatan untuk melatih diri bekerja secara mandiri.
  4. Metode pemberian tugas dapat merangsang daya pikir peserta didik, karena mereka dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapinya.
  5. Pemberian tugas disamping dapat dilakukan secara individu bisa juga dilakukan secara kelompok, dalam hal ini peserta didik dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kecil.
Disamping kelebihanyang dimilikinya, metode pemberian tugas juga memiliki beberapa kekurangan , yaitu:
  1. Apabila diberikan tugas kelompok, seringkali yang mengerjakannya hanya peserta didik tertentu saja. Sedangkan yang lainnya hanya numpang saja.
  2.  Apabila tugas diberikan diluar kelas, sulit untuk mengontrol peserta didik bekerja secara mandiri dan menyuruh orang lain untuk menyelesaikannya.
  3. Metode pemberian tugas menuntut tanggung jawab guru yang besar untuk memeriksa dan memberikan umpan balik terhadap tugas-tugas yang dikerjakan oleh peserta didik.
  4.  Sering terjadi penyimpangan dalam penggunaan metode pemberian tugas dari pengajaran menjadi semacam hukuman.
  5. Apabila tugas sulit dikerjakan akan menyita waktu peserta didik untuk kegiatan lainnya.

metode pemberian tugas, metode pemberian tugas adalah, metode pemberian tugas anak tk, metode pemberian tugas bagi anak tk, metode pemberian tugas belajar dan resitasi, metode pemberian tugas dalam pembelajaran, metode pemberian tugas dan resitasi, metode pemberian tugas di tk, metode pemberian tugas menurut para ahli, metode pemberian tugas terstruktur
Pesan Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Metode Pemberian Tugas
Quantity :