Kesulitan Siswa Dalam Belajar dan Pembelajaran Bilangan Rasional

Kesulitan Siswa Dalam Belajar dan Pembelajaran Bilangan Rasional - Konsep pecahan dan operasinya merupakan konsep yang sangat penting untuk dikuasai, sebagai bekal untuk mempelajari bahan matematika berikutnya dan bukan bahan matematika yang terkait. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa Sekolah Dasar kesulitan memahami pecahan dan operasinya. Para guru cenderung menggunakan cara yang mekanistik, yaitu memberikan aturan secara langsung untuk dihafal, diingat dan diterapkan. Perubahan cara mengajar tidak banyak dilakukan para guru karena secara empirik mereka selalu gunakan cara yang sama dari waktu ke waktu.
Untuk mengenalkan konsep operasi hitung bilangan dapat dilakukan melalui 3 tahap, yaitu :
1) tahap pengenalan konsep secara konkret
2) tahap pengenalan konsep secara semi konkret atau semi abstrak
3) tahap pengenalan konsep secara abstrak.
Dalam tahap pertama ada dua model peragaan yang dapat dikembangkan yaitu model yang menggunakan pendekatan himpunan (yaitu menggunakan karton warna warni yang merupakan bagian dari satu keseluruhan), model yang kedua yaitu menggunakan pendekatan hukum kekekalan panjang (yaitu menggunakan alat peraga balok pecahan, pita garis bilangan dan tangga bilangan).
Potongan karton dengan warna yang menarik dan beragam dapat dimanfaatkan untuk membuat bahan manipulatif dalam menjelaskan pecahan, sifat-sifat pecahan, dan operasi pecahan. Penjelasan dengan bahan manipulatif sebaiknya diakhiri dengan penyelidikan pola atau aturan umum yang berlaku.

Bilangan Rasional, bilangan rasional dan contohnya, bilangan rasional dan desimal, bilangan rasional dan irasional, bilangan rasional dan irasional beserta contohnya, bilangan rasional dan irasional sekolah dasar, bilangan rasional dan operasinya, bilangan rasional irasional, bilangan rasional pdf, kesulitan belajar, kesulitan belajar adalah, kesulitan belajar anak, kesulitan belajar anak sd, kesulitan belajar bahasa inggris, kesulitan belajar kimia, kesulitan belajar matematika, kesulitan belajar membaca, kesulitan belajar pada anak, kesulitan belajar siswa
Pesan Kesulitan Siswa Dalam Belajar dan Pembelajaran Bilangan Rasional
Quantity :