RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit.
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
- A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
- Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
- Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
- Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
- Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
- B. Materi Ajar
- Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
- Kebangkitan Nasional.
- Sumpah Pemuda.
- C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan kontekstual.
- Pendekatan Cooperatif Learning.
- Diskusi dengan teman sebangku.
- Tanya jawab.
- Penugasan.
- D. Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
- Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
F Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.
F Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
F Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
F Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
F Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
F Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
F Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
F Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
F Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
F Melanjutkan membaca teks mengenai Sumpah Pemuda.
F Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul Sumpah Pemuda.
F Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan isi dan maksud Sumpah Pemuda.
F Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
- E. Sumber/Bahan Belajar
- Gambar/foto para pahlawan.
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
- Surat Kabar, dst.
- F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
& Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel PKN.
……………………………. …………………………….
NIP : NIP :
rpp berkarakter, rpp berkarakter bahasa inggris smp, rpp berkarakter matematika smp, rpp berkarakter sd, rpp berkarakter sd bahasa inggris, rpp berkarakter sd kelas 1, rpp berkarakter sd kelas 2, rpp berkarakter sd kelas 3, rpp berkarakter sd kelas 4, rpp berkarakter sd kelas 4 semester 1, rpp berkarakter sd kelas 5, rpp berkarakter sd kelas 6, rpp berkarakter sd\/mi, rpp berkarakter sma, rpp berkarakter smk, rpp berkarakter smp
Pesan Download gratis RPP berkarakter SD kelas 6
Quantity :